header

SELURUH PROSES PELAYANAN TIDAK DIPUNGUT BIAYA

Kamis, 06 Oktober 2016

Kegiatan Day Care Service

Salah satu program yang dilaksanakan oleh Direktorat Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kementrian Sosial RI adalah Pelayanan Harian Lanjut Usia (PHLU) atau dikenal dengan nama program Day Care Service. Program Day Care Service merupakan suatu model pelayanan sosial lanjut usia yang dilaksanakan dalam waktu terbatas (tidak lebih dari 8 jam), tidak menginap serta tidak memisahkan lanjut usia dari keluarga dan masyarakat. 
Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang menyelenggarakan Program Day Care Service yang diikuti lansia yang mengalami permasalahan sosial ekonomi sejumlah 20 (dua puluh) orang lanjut usia yang tinggal di sekitar Balai atau lebih tepatnya di Desa Botomulyo Kec. Cepiring Kab. Kendal. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri meskipun sudah berusia lanjut tetap masih bisa terampil dan bermanfaat di lingkungan keluarga  maupun masyarakat.
Kegiatan dalam program tersebut meliputi Bimbingan ketrampilan, Bimbingan Sosial, Bimbingan mental dan Pemeriksaan Kesehatan. Bimbingan ketrampilan yang dilaksanakan meliputi ketrampilan pembuatan Tahu Bakso, Lepet, Tahu sakura, Pisang Goreng dll. Bimbingan Sosial dilakukan melalui motivasi sosial, Bimbingan mental dilaksanakan dengan kegiatan ceramah agama dan untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan 1 bulan 1 kali. Kegiatan Program day Care Service di Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal dilaksanakan 2 kali dalam 1 minggu yaitu pada hari selasa dan kamis dengan durasi tiap pertemuan selama 8 jam. Setiap peserta kegiatan mendapat fasilitas berupa uang transport dan makan siang serta snack dalam setiap pertemuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar